Jumat, 26 Maret 2010

Mengupas fitur-fitur di Windows 7: Problem Steps Recorder

Salah satu tool baru yang ada di Windows 7 yaitu Problem Steps Recorder, tool ini berguna untuk merekam langkah demi langkah problem yang terjadi pada komputer.
Tool ini sangat berguna bagi perusahaan yang mempunyai beberapa kantor cabang dan di setiap kantor cabang tidak ada helpdesk yang bisa bertindak langsung ketika terjadi masalah, contohnya ketika di komputer user terdapat masalah dengan sistem Windows maka helpdesk dari kantor pusat bisa menyuruh user tersebut mengaktifkan aplikasi Problem Steps Recorder untuk merekam langkah-langkah dari awal sampai terjadinya eror.
Selanjutnya user bisa mengirimkan hasil rekaman (berupa file MHTML document) ke helpdesk. Dengan hasil rekaman tersebut tentunya  pihak helpdesk mempunyai informasi lebih banyak dibanding hanya dengan menggunakan telepon saja dan dengan begitu helpdesk bisa mengambil keputusan lebih cepat dan tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.
Tools ini tidak hanya di gunakan untuk merekam masalah yang ada di windows 7. Saya sendiri sering menggunakan tool ini untuk membuat screenshot untuk tutorial. Karena hasil screenshotnya sudah di lengkapi dengan 'penanda' jadi kita tidak susah-susah melakukan proses editing lagi.
Untuk menjalankan Problem Steps Recorder, tinggal dari Start - ketik PSR pada Instant Search kemudian klik PSR
Problem Steps Recorder
Problem Steps Recorder

Untuk memulai perekaman tinggal klik tombol Start Recording, selanjutnya Problem Steps Recording akan merekam setiap langkah kita, mulai ketika aplikasi dijalankan sampai tombol Stop Recording di klik. Ketika tombol Stop Recording di klik selanjutnya kita menyimpan hasil recording, hasil recording ini akan di simpan di dalam file .zip dan jika diekstrak di dalamnya terdapat file .mht (MHTML document).
Problem Steps Recorder

MHTML document adalah suatu format arsip halaman web yang di simpan dalam satu file, jika dibandingkan dengan format HTML biasa format ini jauh lebih sederhana karena MHTML menyimpan file2 gambar, flash dan lain-lain menjadi satu file, tidak seperti HTML yang menyimpannya dalam suatu folder.
Problem Steps Recorder
Problem Steps Recorder

Dua gambar di atas adalah potongan sebagian gambar dari hasil rekaman Problem Steps Recorder.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar